Apa itu Hepatitis C . . ?

DSC_09781

Istilah hepatitis adalah radang hati, yang bisa disebabkan oleh zat kimia, obat bius, terlalu banyak minum alkohol atau juga beberapa jenis virus.

Hepatitis C atau "Hep C" disebabkan oleh virus hepatitis C. Virus yang lain yang menyebabkan peradangan hati selain Hepatitis C adaLah Hepatitis A dan B. Cara penularannya juga berbeda, untuk pencegahan Hep A dan B sudah bisa didapatkan vaksin, tetapi belum ada vaksin untuk pencegahan hepatitis C. Virus hepatitis C ditularkan melalui kontak darah yang di dalamnya terdapat virus hep C.


Banyak mitos yang terjadi tentang penularan Hep C tetapi disini ada 2 resiko cara penularan yang berisiko tinggi :

  • Alat medis yang tidak steril
  • Alat tradisionaL dengan cara menindik tubuh
  • Alat suntik yang tidak steril yang teLah digunakan orang lain, steroid, tato
  • Menindik tubuh dengan alat tindik yang tidak steril.

Resiko rendah :

  • Luka tertusuk jarum bagi petugas kesehatan
  • Penularan ibu yang terinfeksi Hep C ke anak selama kandungan atau saat melahirkan
  • Transfusi darah dan produk darah, menggunakan barang orang lain yang kemungkinan ada darah yang tertinggal (misal pisau cukur dan sikat gigi), hubungan darah ke darah/luka selama hubungan seks
  • Luka tertusuk jarum yang tidak steril yang dibuang ditempat umum.

Selama ini kita selalu memberikan dan menerima informasi tentang bagaimana cara penularan, perawatan dan pengobatan HIV, tetapi yang kita lupa bahwa teman-teman pengguna NAPZA suntik bukan hanya berisiko pada HIV tetapi juga pada Hepatitis B dan C yang selama ini kita terlalu fokus pada permasalahan HIV di penasun.

Yang minim adalah informasi yang lebih mendalam terhadap masalah Hepatitis B dan C, yang itu sendiri masih kurang didapat oleh teman-teman penasun yang masih aktif dilapangan dan mungkin juga teman-teman yang bergerak dalam Penanggulangan melalui pengurangan dampak buruk pada HIV dan AIDS.

Karenanya informasi bagi konstituen hendaknya diberikan secara utuh dan merata, sesuai dengan risiko yang mungkin terjadi kepada mereka.

sumber: litbang Stigma

Apa itu Hepatitis C . . ? Apa itu Hepatitis C . . ? Reviewed by Bani Risset on Jumat, Maret 06, 2009 Rating: 5

15 komentar:

  1. betul mas, mungkin juga ada penyakit lainnya juga selain itu misalnya rabies, dan sebagainya

    BalasHapus
  2. hihihi gimana om bani setelah kena gebuk om gugel?kita sama senasib yap om

    BalasHapus
  3. Terima kasih Share nya Mas Bani...
    Support me on Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

    BalasHapus
  4. weleh weleh...nice info Ban...we luv u

    BalasHapus
  5. tanda awalnya kalo kita udah terjangkit nie penyakit kek apa?

    BalasHapus
  6. @girls Corner

    Gejala Hepatitis C

    Sering kali orang yang menderita Hepatitis C tidak menunjukkan gejala, walaupun infeksi telah terjadi bertahun-tahun lamanya.

    Jika gejala-gejala di bawah ini ada yang mungkin samar :

    * Lelah
    * Hilang selera makan
    * Sakit perut
    * Urin menjadi gelap
    * Kulit atau mata menjadi kuning (disebut "jaundice") jarang terjadi

    sumber : http://www.medicastore.com

    BalasHapus
  7. Abang hari rabu kemaren check up hepatitis Ban, hasilnya nanti hari rabu, mudah2an aman2 aja he3

    BalasHapus
  8. sampe skg belum ada vaksin utk hep C ya?
    papaku (alm) dulu kena hep C, trus 10-12 taun setelah itu, kena kanker liver/sirosis, yg katanya awalnya dr hep C itu..

    aduuh, makanya ngeri deh, jangan sampe kena hepatitis..

    BalasHapus
  9. makasih atas infonya bang, ini sangat berguna bagi yg ngga tau seperti saya.

    BalasHapus
  10. saudara sy dulu pernah kena hepatitis b.... kamana hungkul lur .. xiixiix

    BalasHapus
  11. Terima kasih mas infonya..saya juga baru tahu nih tentang hepatitis..:)

    BalasHapus
  12. Anonim21.1.10

    aku baru kematian 'BABAH' yang menghidap "HEP C"..memg family aku xleh trime sbb ttibe 'BABAH" pergi tggl kn kitorg sume...adik2 aku msh kcik..'BABAH' x smpt pn tgk ank die ke sek..die m'nggl lg 4 hr sek akan d bukk (31hb Dis 09)memg sdih bile tgk adik2 aku g sek 'BABAH' xtemn..kdg aku xthn bile adik2 aku tnye pasl 'BABAH', kdg xtau nk jwb pe..smpi skrg asik t'igt2 kt arwah,mgkn sbb hr2 tgk die kt umah...tp skrg xde lg..wktu die ade aku xprnh pn hrgai die..dh lme xb'ckp ngn die,smpi akhir hayat die pn x..aku pn xtau npe...

    BalasHapus
  13. Abang hari rabu kemaren check up hepatitis Ban, hasilnya nanti hari rabu, mudah2an aman2 aja he3

    BalasHapus
  14. weleh weleh...nice info Ban...we luv u

    BalasHapus
  15. Terima kasih Share nya Mas Bani...
    Support me on Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

    BalasHapus

Komentar anda adalah "spirit" bagi gerakan sosial yang kita lakukan bersama-sama...

Diberdayakan oleh Blogger.