HomeArtikel

Pejuang HAM Itu Telah Berpulang

Like Tweet Pin it Share Share Email

I Gusti Ngurah Wahyunda namanya. Setelah sempat dirawat di RSUD Sanglah Denpasar, Akibat komplikasi penyakit yang dideritanya. Akhirnya Wahyu (panggilan akrab) meninggal dunia tadi malam pk. 23.52 WIB.

Semasa hidupnya almarhum adalah Aktifis HAM yang secara aktif memperjuangkan perlindungan hak asasi manusia (HAM) bagi pecandu maupun mantan pecandu Napza. Sebagai salah satu pendiri IKON Bali (Ikatan Korban NAPZA), Wahyu dikenal sangat getol dan tidak pantang menyerah untuk mendapatkan keadilan.

IKON didirikan mantan pecandu narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lain (Napza) maupun mereka yang masih aktif dan sedang berusaha pulih dari kecanduannya.. Berdirinya kelompok ini karena banyaknya pelanggaran HAM pada pecandu maupun mantan pecandu. Pecandu maupun mantan pecandu sebagai orang yang disangka melakukan tindak kriminal sering mendapat perlakuan tidak manusiawi dari keluarga, penegak hukum, lingkungan, maupun anggota masyarakat lain. Kelompok ini tidak mendukung atau membela tindak kriminal yang mereka lakukan tapi untuk menjamin agar sebagai manusia, pecandu dan mantan pecandu tetap dilindungi hak asasinya. 

Bersama teman-temannya di IKON Bali , Wahyu secara aktif terus ‘mendobrak’ sistem-sistem sosial dan aturan hukum yang mendiskreditkan para Korban NAPZA.

Sekarang Wahyu sudah tiada. Semoga semangat aktifismenya dalam membela hak-hak kaum yang tertindas dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.


Selamat Jalan Sahabat………


Comments (5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *