HomeArtikel

Jangan Terlalu Berharap Penghasilan Adsense

Like Tweet Pin it Share Share Email
Jangan Terlalu Berharap Penghasilan Adsense

Pernahkah kita berandai-andai untuk mendapatkan penghasilan adsense yang rutin setiap bulannya? Duduk manis di rumah dengan memandang blog yang sudah jadi mesin uang kita. Tidak perlu keluar rumah dan juga tidak kepanasan tapi bulan pergi menuju ke Western Union demi mengambil gaji adsense? Pastilah kita pernah menghayalkan seperti hal tersebut kan? Hayooo ngakuuu… Hohohooo….

Tapi apakah kita tahu? Adsense ialah salah satu sumber penghasilan yang tak pernah pasti.


Lalu bagaimana kita berharap Penghasilan Adsense.

Saat ini kita mungkin bisa menghasilkan uang dari Google adsense secara rutin tiap bulan, namun mungkin besok bisa jadi sudah tak mendapatkan apa-apa. Alasannya itu kenapa? Karena akun adsense kita di disable alias di banned dari pihak adsense. Lalu bagaimana nasib Penghasilan Adsense kita?

Penyebabnya ialah kegiatan invalid activity, padahal kita sangat yakin tidak melakukan hal tersebut karena sebagai publisher sudah tentu tahu akan TOS atau aturan dari adsense. Hal ini dapat dipicu dari pihak luar dengan sengaja, melakukan klik berulang dalam waktu yang sangat singkat dengan device yang sama erta dengan IP address yang sama juga. Kejadian ini bukan saja menimpa satu atau dua publisher adsense saja, namun sudah banyak yang jadi korban manipulasi hingga ratusan klik yang dilakukan dengan sengaja hanya dengan waktu singkat. Inilah salah satu contoh yang mengganggu Penghasilan Adsense kita.

Apa sebenarnya motifnya? Iri atau memang tak senang dengan keberhasilan orang? Padahal jika kita tahu untuk membangun nya itu membutuhkan kerja keras. 

Ironis sekali, dan satu hal yang sebenarnya dapat kita sadari sepenuhnya adalah jika memang bukan karyawan google, jadi sewaktu waktu bisa melakukan kesalahan kita akan di pecat tanpa pesangon. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya kita sendiri yang harus waspada, memantau masuknya earning dan jumlah klik. Telusuri keberadaan dari jumlah klik, bila memang jumlahnya melambung dengan mendadak. Kita bisa melaporkan kegiatan invalid activity berkaitan dengsn sabotase.

Bukan maksud memperburuk keadaan memberi dorongan supaya jangan terlalu mengharapkan dari penghasilan Adsense, namun yang harus kita perlu ketahui demi menjadi publisher Adsense itu sama sekali bukan hal mudah. Kita perlu kerja yang sangatlah “Ekstra” keras untuk bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense tiap bulan.

Sebagai gambaran, untuk mendapatkan penghasilan Adsense berasal dari blog secara rutin tiap bulan maka kita harus :

  • Mendapat setidaknya 500.000 Page view ataupun jumlah tayangan dari halaman blog tial bulannya.
  • Atau bisa juga setidaknya 15.000 – 17.000 Page view ataupun jumlah tayangan halaman blog kita setiap hari.


Dengan estimasi dari jumlah di atas, berarti blog kita harus :

  1. Mendapatkan paling tidak 150.000 – 200.000 Unique Visitor tiap bulan.
  2. Atau paling tidak 5000 – 8000 Unique visitor setiap hari.
  3. Dengan catatan tiap pengunjung sekurang-kurangnya membuka dari 3 halaman dalam tiap kunjungan.


Bukankah penghasilan Adsense diperoleh dengan hasil klik iklan?
Betul, penghasilan Adsense terbesar ialah melalui jumlah klik iklan yang di peroleh, selain itu tampilan iklan muncul dalam tiap halaman juga mendapat pendapatan dolar. Ini akan dihitung setelah mencapai 1000 tayangan dari halaman iklan.

Tetapi selain itu ada beberapa hal yang seharusnya kita sudah sadari, antara lain adalah :
Minat pengunjung melakukan klik iklan berkurang – Hal ini mungkin saja disebabkan oleh beberapa pengunjung yang tahu keberadaan iklan, jadi seolah memang menghindari untuk klik iklan. 

Banyak juga pengunjung yang melengkapi browser mereka dengan aplikasi pemblokir iklan, misal di antaranya ialah penggunaan Adblock. Untuk perangkat seluler sangatlah populer sekali menggunakan UC Browser, yang dengan otomatis memblokir tampilan iklan di halaman browser.


Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *