HomeArtikel

Tips SEO Google untuk Mobile First Index

Like Tweet Pin it Share Share Email
SEO Google untuk Mobile First Index

Google telah mulai mengujicoba sistem algoritma yang disebut mobile first index. Hal ini berarti Google akan coba melihat terlebih dahulu versi mobile website kita untuk menentukan nilai-nilai dari ranking mereka. Algoritma tersebutbaru akan menilai versi desktop bila website kita tidak mempunyai versi mobile. Ini merupakansinyal kuat bahwa website yang tidaklah mobile friendly akan makin tertinggal dalam waktu dekat ini, karena telah lebih dari 60% pengguna Google yang datang dari alat-alat mobile.

Jadi ini merupakan waktunya bagi yang memang ga pernah belum memikirkan versi mobile websitenya untuk melakukan perubahan dari sekarang. Bagi kita yang hanya belajar SEO secara umum, sekarang kita sudah harus mendalami prakteknya untuk bisa perangkat mobile.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk bisa mengoptimasi website untuk sistem algoritma mobile first index.
1. Kecepatan
Google menyebutkan bahwa 2 detik ialah batas toleransi untuk sebuah halaman toko online terbuka. Tentunya hal ini didasarkan pada kecepatan koneksi dari googlebot dan bukan dari kecepatan koneksi internet kita
Sebenarnya Google menargetkan kecepatan membuka website itu adalah dibawah setengah detik untuk googlebot.

Tips untuk mengatasi mobile first index ini adalah sebagai berikut.
Memastikan website kita bisa terbuka dengan cepat ialah hal penting untuk meraih ranking padapencarian mobile atau mobile first index. Beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan saat melakukan optimasi pada kecepatan halaman.
Optimasi gambar; gambar yang besar dapat memperlambat waktu untuk muat website kita
Menyederhanakan kode; ini merupakan proses membuang karakter yang tidak diperlukan dalam kode kita tanpa mengubah fungsinya.
Meningkatkan cache dari browser; cache browser akan menyimpan file sumberdaya dari website pada komputer pengunjung, sehingga browser tak harus memuat berulangkali sumberdaya tiap mengunjungi website kita.
Kurangi adanya pengalihan atau redirect; ini dapatmemperlambat bukaan karena halaman web haruslah memuat ulang.

2. Jangan Memblokir CSS, Javascript, ataupun gambar
Dahulu mungkin kita banyak yang memblokir elemen-elemen tersebut untuk membuat website lebih mobile friendly. Tapi saat ini hal tersebut sudah tidak diperlukan lagi. Smartphone dalam banyak hal sudah lebih kuat daripada komputer desktop yang digunakan pengguna google. Mereka dapat membuka apa saja yang ada pada sebuah halaman website. 
Googlebot mobile juga sudah bisa mengolah dan juga mengkategorikan elemen-elemen ini seperti yang bisa dilakukan pengguna, jadi kita tidak perlu memblokir elemen-elemen tersebut demi mengatasi mobile first index.
3. Desain Yang Mobile Friendly
Mengatasi google mobile first index dengan hal Ini sudah menjadi sebuah keharusan. Karena desain akan sangat membantu dari kenyamanan pengunjung halaman website kita. 

Namun ada beberapa hal yang harus kitaperhatikan:

  • Jangan memakai FLASH; kita bisa menggunakan HTML 5 ataupun Java untuk bisa menambahkan fitur-fitur yang cool ke website kita.
  • Singkirkanlah pop-up. Banyak orang yang menggunakan pop-up sebagai salah satu cara mendapatkan daftar kontak ataupun email list. Ini memang penting; namun kalau website kita tertutupi pop up atau bahkan pop up banyak sekali ini dapat mengganggu pengunjung, untuk menaikkan bounce rate dan malah menurunkan ranking.
  • Desain website kita untuk kenyamanan penggunaan jari. Janganlah sampai elemen-elemen kita terlalu kecil sehingga sering jadi salah klik.
4.Optimasi SEO Onpage
Mengatasi google mobile first index selanjutnya. Karena ruang yang bisa ditampilkan di mobile itu terbatas dari desktop, maka kita perlu memastikan bahwa semua judul serta deskripsi halaman website kita bisa terlihat tanpa melakukan scroll. Ini akan bisa membantu pengunjung website kita merasa nyaman dengan website kita.
5. Optimasi SEO Lokal
Mengatasi google mobile first index dengan optimasi SEO lokal. Di bulan September lalu Google telah meluncurkan algoritma Possum SEO lokal. Ini merupakan sebuah update besar algoritma pencarian lokal. 

Pencarian mobile itu sangat penting untuk pelaku bisnis lokal terutama teman-teman yang memiliki Toko Online. 

Hasil dari riset Google untuk perilaku pencarian lokal itu menunjukkan para pencari lokal biasanya ialah orang-orang yang sudah siap membeli atau setidaknya tawar menawar.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *