HomeArtikel

KEKUATAN MAAF (Strength Of Forgiveness)

Like Tweet Pin it Share Share Email

gam 10Mungkin sobat aga bingung lihat judulnya. Lho ko “kekuatan maaf” sih? Aneh banget 🙂 . Biasanya yang diomongin gerakan social, aksi-aksi, de el el. Heheheheee tenang-tenang semuanya pasti kebagian tanda tangan sekali-sekali pingin juga saya postingin curahan hati yang terdalam .

Tidak lain dan tidak bukan adalah agar sobat-sobat dapat mengerti bahwa si Bani ini tuh pemuda yang sangat peka sekali perasaannya. Whaattt??!! Apaan sih lu ban? Hehee just kidding ah 😀 . Udah langsung baca aja ya….

—————————————————————————————————–
Para psikolog mengatakan bahwa meminta maaf adalah bentuk terapi memulihkan rusaknya hubungan antar manusia.

Tetapi kenapa kita kadang untuk melontarkan permintaan maaf yang tulus, bingung dan panik melakukannya?

Mengapa banyak pasangan memilih berpisah atau beberapa karyawan memilih cari tempat baru, padahal permasalahan yang dihadapi dapat lenyap hanya dengan mengucapkan maaf.

Menurut Dr. Dolly Hollander, sulitnya berkata maaf ternyata ada sangkut pautnya dengan dengan cara orang tua membesarkan kita.

KATA MAAF ITU TIDAK MAHAL

Bahkan kadang tidak kita sadari berserakan di berbagai kalimat percakapan. Tapi saat dihadapkan pada keadaan yang serius, setelah kita berbuat sesuatu yang fatal, seringkali perkataan tersebut sulit sekali keluar.

Jika Anda termasuk yang sering mengalami hal demikian , mudah-mudahan trik-trik di bawah ini berguna bagi Anda:

“Pemilihan waktu yang tepat”
Untuk suatu masalah yang besar, hadapi orangnya, tatap matanya dan berikan penjelasan yang diperlukan.

Jika persoalan terjadi di kantor, segera meminta maaf sebelum bos atau klien menyadari kesalahan Anda. Hal ini akan membuat Anda tampak lebih teliti.

Hindari minta maaf saat seseorang sedang marah. Bisa jadi permintaan maaf Anda tidak diterima. Temui dan jelaskan duduk perkaranya beberapa hari kemudian. Saat itu kemarahan pasti sudah berkurang.

“Beri penjelasan”
Setelah mengaku kesalahan, beri penjelasan pada orang yang telah Anda
sakiti. Yakinkan Anda tidak bermaksud buruk. Langsung minta maaf menunjukkan
keseriusan Anda.

“Sadari kesalahan”
Rela mengakui kesalahan dan mau bertanggung jawab. Mulailah dengan ucapan
tulus dan langsung pada permasalahan. Ini membuat orang yang terluka mau
menerima dan memaafkan.

“Tawarkan perbaikan”
Agar lebih sempurna, tawarkan menggantikan kerugian yang terjadi walau hanya sebagai pemanis. Jika memang kesalahan Anda mengakibatkan kerugian bagi dia. Bisa juga dengan mengirim pesan atau hadiah.

Heemmhh, apakah anda adalah termasuk orang yang pemaaf mudah meminta maaf?

sumber : artina
img : www.crunchgear.com

Comments (19)

  • yup benar..jangan gengsi untuk kata maaf 🙂

    Reply
  • setuju sobat.. kalau saya paling marah cuman empat hari.. hehehe.. setelah itu biasa lagi.. terkadang tampa minta maaf sekalipun.. tapi yang empat resep itu oke juga, terutama yang terakhir..

    Reply
  • huh… enak aja minta maaf… sini kasih gw ice cream dulu…. hiks…hiks… wekekekek

    *kaburrrrrrrr*

    Reply
  • Kata maaf itu sangat mulai dimata saya jarang orang bisa mengungkapkannya mas

    Reply
  • Ban menurutku memang untuk mengatakan maaf itu berat. Karena ada kesan orang yang minta maaf berarti dia salah. Kalau dalam ajaran Islam minta maaf dan memaafkan harus selalu dilakukan karena seperti kita diajarkan untuk mengucapkan istighfar. dan Islam juga mengajarkan siapa diantara dua orang saling bertemu dan saling berjabatan tangan kemudian saling meminta maaf maka akan diampuni kesalahanya.
    Selain itu secara psikologi jika kedua insan saling berjabatan tangan dan meminta maaf kekesalan dalam hati akan luntur

    Reply
  • MEMINTA MAAf, terima kasih bani menyegarkan prinsip2 dalam hidup ku, minta maat butuh enegi yang sangat kuat. artinya, minta maaf tidak cuma mengoyang kan bibir dan lidah semata dan di dalam pengkondisian(dikondisikan).

    Minta maaf adalah “jujur” seperti orang yang tidak bisa bicara lalu ia menangis, menangis belum pasti jujur, orang jujur bisa menangis.

    Kita butuh energi dan kita bisa jujur lalu mulit kita bisa bicara”maafkan saya…”

    terima kasih

    Reply
  • meminta kata maaf itu emang tidak mahal, tapi kadang memberi kata maaf itu yang mahal..kenapa gitu yaa??

    btw, blognya keren…salam kenal!!

    Reply
  • wah…. klo mo minta maaf ma gw.. bro perlu bawa pizza hut ama jus strowberi.. klo gak niy… tiada maaf bagimu… hiks…hiks.. wekekekeke
    *kaburrrrrrrrrr*

    Reply
  • betul ke orang kate lelaki paling susah nak mintak maaf berbanding perempuan???komen sikit!

    Reply
  • @ o-om : Akhirnya mampir juga om :).
    @ blogspot : Yup, resep yang terlihat mudah tp sulit ngelakuannya. Setuju banget sob.
    @ masenchipz : ice cream? gw jg mau doongg ;))
    @ Gelandangan : dan lebih mulia lagi orang yang bisa memaafkan.
    @ herru : sepakat
    @ mitadriani : gengsi?
    @ neo : hemm… atau semua orang?

    Reply
  • toell…gw juga orangnya Pemaaf dan Suka minta Maaf walaupun bukan gw yang salah…(ceillle…beneran?)

    tapi dari “keberanian” gw untuk minta maaf duluan, mereka jadi mikir dan kemudian mengakui bahwa “itu bukan kesalahan gw”, padahal kalo dibiarin masalah gak selesai2..(yyuk dicoba!!)

    thanks sharingnya, aku suka kucingnya..

    Reply
  • Maaf memang mudah diucapkan… tapi memaafkan ikhlas dari hati itu yang perlu kita belajar.. Susah memang untuk mengalahkan ego kita.. Apalagi bukan kita yang bersalah…

    Let’s make a better life with forgiveness…

    Reply
  • Maaf itu mahal ya… sebenernya yg mahal maafnya ato gengsinya untuk minta maaf yaa..?hehee

    Reply
  • ternyata memberi maaf itu gampang bang… yg susah memberi maaf+ikhlas lahir bathin…. kayak gw… dah percaya ama temen trus dikhiati temen… waduh.. pengin njitak aja.. tpi gak gak mungkin… anak org gw jitak! ntr mami ngambek donk? hue…he…

    Reply
  • setuju…memaafkan artinya juga melupakan…jangan setengah2, tar jadinya dendam…..hidup dengan dendam sangat tidak nyaman…so open mind ajah deh

    Reply
  • Maaf memang mudah diucapkan… tapi memaafkan ikhlas dari hati itu yang perlu kita belajar.. Susah memang untuk mengalahkan ego kita.. Apalagi bukan kita yang bersalah…

    Let's make a better life with forgiveness…

    Reply
  • Maaf itu mahal ya… sebenernya yg mahal maafnya ato gengsinya untuk minta maaf yaa..?hehee

    Reply
  • setuju…memaafkan artinya juga melupakan…jangan setengah2, tar jadinya dendam…..hidup dengan dendam sangat tidak nyaman…so open mind ajah deh

    Reply
  • MEMINTA MAAf, terima kasih bani menyegarkan prinsip2 dalam hidup ku, minta maat butuh enegi yang sangat kuat. artinya, minta maaf tidak cuma mengoyang kan bibir dan lidah semata dan di dalam pengkondisian(dikondisikan).

    Minta maaf adalah "jujur" seperti orang yang tidak bisa bicara lalu ia menangis, menangis belum pasti jujur, orang jujur bisa menangis.

    Kita butuh energi dan kita bisa jujur lalu mulit kita bisa bicara"maafkan saya…"

    terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *