HomeArtikel

SEO Dalam Sebuah Website

Like Tweet Pin it Share Share Email
SEO Dalam Sebuah Website

SEO dalam sebuah website mengapa menjadi begitu penting? SEO (Search Engine Optimization) dalam pengertian sederhana adalah bagaimana mengoptimalkan website kita sehingga ada di ranking yang baik di halaman Google dari milyaran banyak halaman di Google.

Kita tinggal ketikkan saja kata kunci apa itu SEO di Google pasti akan banyak panduan yang bisa sobat download dan pelajari. 
Disini saya coba merangkum dari berbagai sumber, hal yang utama dan penting dalam SEO;  Keyword, SEO Friendly Website (On Page), dan Baclinks (Off Page).
1. Keyword (kata kunci) Website
Keyword (Kata Kunci ) menurut pengertiannya adalah kata atau kumpulan beberapa yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang diinginkan. Jika kita tafsirkan dari pengertian keyword (kata kunci) ini berarti suatu susunan suku kata yang diketikkan di mesin pencarian atau juga bisa satu kata saja.

Contohnya adalah ketika “Ana” akan mencari baju untuk anaknya, dia akan melakukan pencarian dengan kata-kata “Baju Anak” yang kita tahu hasilnya yang keluar dalam mesin pencari akan sangat general, sehingga Ana akan mengetikkan kembali “jual baju anak” dan pasti hasilnya akan lebih mengerucut. Lalu Ana kembali mengetikkan “Jual baju anak balita” lalu “Jual baju anak balita warna pink” lalu “Jual baju anak balita warna pink di Jakarta.

Disitu sobat bisa pelajari bahwa user itu berbeda-beda cara dan pola nya dalam mencari sebuah informasi yang dia inginkan. Bahasa kerennya sih short tail dan long tail keywords, nanti kita bahas ini lebih mendalam yes.
Disinilah sobat penting untuk melakukan pendalaman kata kunci lalu mengelompokan dalam banyak kategori dan menuangkan di website sobat.
2. SEO Friendly Website
Ini mengandung beberapa unsur diantaranya adalah;
– Bagaimana sobat bisa melakukan penempatan yang tepat keyword pada content website sobat. Dimanakah itu? Keyword sebaiknya ditempatkan pada Title Tag/ Judul halaman web, Meta Description, Awal paragraf artikel, Sistem Navigasi H1, H2, H3 tags Internal links File gambar (Alt)/ Ini berkesan ribet tapi ampuh loh.
– Buatlah konten yang berkualitas
Konten berkualitas itu tepat tidak jlimet dan simpel ketika dibaca. Dan lengkap tanpa harus berpindah-pindah halaman.
– Load Website
Ini menjadi sangat penting karena website yang cepat selain disukai oleh mesin pencari juga tentunya user. Bayangkan saja website yang load nya lama, sudah pasti user akan malas untuk menunggu dan berpindah ke website lain.
3. Baclinks
Link yang mengarah pada website sobat akan berpengaruh dalam penempatan ranking halaman pada website sobat. Jadi upayakan link website sobat ada di social media, forum-forum besar, link signature email dan web 2.0 (blogspot, wordpress, tumblr, dll)
Ga banyak-banyak dulu tapi semoga sobat dapat point-point nya ya, bahwa SEO dalam sebuah website itu menjadi penting dan wajib untuk dilakukan. Karena kalau tidak dilakukan maka website sobat akan tenggelam sulit dicari di mesin pencarian.

Comments (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *