HomeArtikel

Tips Mendapatkan Sitelink di Pencarian

Like Tweet Pin it Share Share Email
Tips Mendapatkan Sitelink di Pencarian

Biasanya Setiap kali kita masuk ke dalam forum blogger, pastinya ada saja yang bertanya bagaimana sih cara mendapatkan sitelink seperti yang terdapatdalam google pada ilustrasi di atas. Bahkan ada banyak sekali yang memamerkan bahwa websitenya sudah mempunyai sitelink pada media-media sosial. Jadi apa kegunaan sitelinkitu dan bagaimana mendapatkan sitelink tersebut untuk website kita saat seseorang melakukan pencarian padaGoogle?

Dalam mendapatkan sitelink, Sebenarnya sitelink tersebut dibuat oleh Google demi membantu penggunanya untuk bisa langsung mengunjungi pada halaman-halaman tertentu dari website kita tanpa kita harus dipusingkan lagi sistem navigasi padawebsite kita. 

Contohnya adalah orang yang mencari bank mandiri biasanya ingin login ke internet bankingnya, maka Google langsung merekomendasikan sitelink melakukan login.

Manfaat dari mempunyai sitelink ialah bisa menaikkan click website kita untuk kata kunci itu. Peningkatan klik sebelum dan sesudah mempunyai sitelink dapat mencapai 80%. Sayangnya mendapatkan sitelink ini hanya terjadi di kata kunci tertentu dan jarang sebuah website bisa mempunyai sitelink lebih dari 3 kata kunci

Setiap kali kita mencari tutorial cara mendapatkan sitelink di Google, kita akan menemui jawaban ini adalah proses otomatis, jadi tidak ada hal yang dapat kita lakukan untuk mengatur bagaimana sitelink tersebut akan muncul. Perlu kita catat bahwa misi mempunyai sitelink ialah “cita-cita mulia” yang melebihi dari misi untuk menjadi ranking pertama di Google. 

Pemilik sitelink di suatu kata kunci “bukan ranking 1 biasa”. Google akan menganggap bahwa website tersebut adalah yang paling relevan untuk keywords atau kata kunci tersebut. Relevan danbenar-benar sangat relevan sekali.

Jadi demi bisa mendapatkan sitelink pada suatu kata kunci dapat dianggap sebagai misi/usaha untuk bisa melakukan branding di suatu kata kunci. Jadi seolah-olah google menganggap kata kunci tersebut adalah “milik anda”, karena website kita sedemikian relevan terhadap kata kunci itu. Seolah-olah bila orang membicarakan kata kunci tersebut, maka dapat dipastikan orang sedang membicarakan website kita.

Ini adalah cara yang cukup sederhana saja bila kita menargetkan sitelink untuk kata kunci yang memang sangat unik. Misalnya kita mempunyai nama domain yang sangat unik contohnya unikisme.COM. Kalau kitamelakukan optimasi sedikit saja, maka peluang kita untuk mendapatkan sitelink untuk keywords UNIKISME ini akan sangatlah besar.

Namun lain kasus bila kita mengincar kata kunci lain. Anggap saja unikisme.COM ini membahas tentangotomotif; dan berharap sitelink akan muncul di kata kunci BERITA OTOMOTIF TERBARU…. saya yakin perlu usaha yang jatuh bangun mengetik hingga jari-jari dan pergelangan tangan kita sampai kapalan untuk bisa mendapatkan sitelink pada kata kunci ini. 

Namun setidaknya langkah awalnya ialah, menjadikan kata kunci sebagai brand kita dahulu. Kita bisa membeli nama domain yang memang benar-benar tepat untuk memuat kata kunci tersebut. Setelah kitamempunyai kata kunci tadi, maka langsung kerja keras demi mendapatkanbacklink dengan menargetkan pada kata kunci tersebut, ditambah share gila-gilaan pada media sosial, dengan menggunakan kata kunci tersebut sebagai nama ataupunhashtag.

Demi mendapatkan sitelink, Lakukan yang terbaik hingga Google merasa kata kunci kita tersebut memang sangatlah relevan dengan website kita. Tapi ingat; jangan menyiksa diri kita untuk mendapatkan sitelink hanya demi gaya-gayaan. Pastikan sitelink itu memanglah mempunyai potensi trafik yang memang besar, dan layak untuk kita usahakan. 

Kalau tidak ada potensi trafiknya maka untuk apa kita susah payah?

Comments (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *