HomeArtikel

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Like Tweet Pin it Share Share Email
Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Sehubungan dengan postingan lalu di Group Facebook kita tempat belajar dan berdiskusi tentang icome dari Internet. Jadi dengan niat sekali (ciyeeee….) saya coba buat tulisan yang judulnya agak woow, “Cara mendapatkan Uang dari Internet”. Cekiiddooot…

Pertumbuhan aktivitas di internet semakin hari semakin meningkat pesat. Ada banyak sekali aktivitas yang menghasilkan uang melalui internet. Kebanyakan aktivitas yang menghasilkan uang di internet dilakukan tanpa memerlukan modal sehingga pastinya aman dan nyaman untuk melakukan usaha apapun (catet). 

Inilah beberapa cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah.

1. Blogging
Blogging adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengelola sebuah blog di internet. Karena disini mengelola blog, kegiatannya pastinya macam – macam. Tak hanya saja menulis di blog saja tetapi bisa mengganti template dan melakukan kegiatan lainnya. Kegiatan blogging ini bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Bila teman-teman ingin mencari uang dari internet dengan cara blogging, inilah beberapa tipsnya.

– Mengikuti Program Affiliasi
Kamu bisa bergabung dalam program afiliasi. Ini menjadi salah satu cara untuk memperoleh uang dari blogging. Dalam pemilihan program afiliasi, sebaiknya harus sesuai dengan topik blog yang dimiliki.  Pastikan pula blog kamu memiliki nilai jual dan manfaat luar biasa bagi pembaca.

– Menawarkan Iklan di Blog
Kegiatan blogging bisa menghasilkan uang dengan menawarkan iklan pada blog Anda. Traffic tinggi blog bisa dimanfaatkan untuk memperoleh iklan potensial. Untuk produk iklan yang dipasang, sebaiknya sesuai dengan isi dan konten blog Anda (hobi, edukasi, tips, dll).

– Memasang Iklan PPC
Iklan pay per click (PPC) adalah kegiatan blogging yang pastinya memperoleh uang dari hasil klik yang dilakukan oleh pengunjung. Kamu bisa menjadi publisher untuk Google Adsense, penyedia layanan PPC. Kamu bisa memperoleh uang dari kegiatan PPC ini. Ada beberapa situs dalam kegiatan blogging yang bisa menghasilkan uang seperti Google Adsense, Maxmanroe, Bersosial.com, dan lain – lain.

2. Jasa
Cara lainnya untuk menghasilkan uang dari internet adalah dengan menggunakan jasa yang kamu sediakan. Jasa disini adalah menawarkan berbagai jenis jasa untuk konsumen melalui internet. Untuk memanfaatkan kegiatan jasa ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

– Memberikan Review Produk
Tips pertama yang bisa dilakukan adalah menyajikan review produk. Review produk seringkali disebut sebagai paid review. Dengan menawarkan jasa paid review, maka beberapa perusahaan terkadang akan mengirimkan produk untuk dicoba atau dipromosikan. Terkadang teman-teman juga bisa memperoleh bayaran dari review produk itu setelah diposting. Yang harus diingat saat memberikan review produk, jangan pernah menerima review produk buruk karena bisa merusak reputasi. Berikanlah infomasi jelas tentang produk yang direview.

– Menawarkan Jasa Menulis
Menulis artikel untuk suatu website atau blog cukup menjanjikan. Kamu bisa memanfaatkan ketrampilan ini untuk memperoleh uang. Sebelum mencoba menjadi penulis online, sebaiknya kamu sudah memiliki passion untuk menulis. Anda juga harus mengasah ketrampilan menulis terlebih dulu agar hasil tulisan memuaskan. Lumayan kan kalo tulisan kamu bisa dihargai 15 – 100rb per artikel.

3. Menyajikan Jasa Website
Jasa pembuatan website juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet. Kamu bisa menjaga reputasi yang baik dengan membuat website bagus dan berkualitas dengan isi dan tampilan yang menarik. 

Ada banyak jasa penyediaan layanan pembuatan website, penulis, dan review produk yang bisa anda temukan di dunia maya. So yang penting buatlah sesuatu yang memiliki identitas/ciri diri kamu.

4. Marketplace
Cara lainnya untuk menghasilkan uang melalui internet adalah dengan memanfaatkan marketplace. Marketplace adalah tempat jual dan beli barang dan merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual di dunia maya. Marketplace tempat tepat untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki melalui media internet. Prospek perkembangan bisnis ini amat bagus. Konsumen akan nyaman saat berbelanja. Untuk memanfaatkan marketplace ini, temans bisa melakukan beberapa tips dibawah ini.

– Menjual Barang dengan Harga Promo
Menjual produk di website sebaiknya dilakukan dengan banderol harga yang lebih murah. Hal ini dikarenakan persaingan marketplace amat sangat ketat. Anda juga bisa memberikan promosi dan diskon harga dengan kalimat menarik agar pengunjung tertarik membeli produk – produk Anda.

– Merespon Konsumen
Pelanggan adalah raja. Jadi, temans harus selalu mengingat bahwa pelayanan yang diberikan harus maksimal agar pelanggan tak kecewa. Kamu harus merespon konsumen dengan baik bila ada pertanyaan, komentar, ataupun komplain. Bersikaplah secara profesional Okaayy.

– Memperkenalkan Website Anda
Saat kamu berkomunikasi dua arah dengan konsumen, sebaiknya kamu memperkenalkan website official (resmi) jika memang memilikinya. Hal ini dimaksudkan agar para konsumen langsung membuka website kamu daripada website marketplace. 

Ada beberapa alamat situs marketplace terbesar di Indonesia seperti Bukalapak.Com, Tokopedia.Com, Elevenia.Com, dan lain – lain.


5. Dropship
Dropship adalah suatu sistem berjualan yang mana kita tak perlu mempunyai produk – produk sendiri untuk dijual dan dipasarkan. kamu cukup mempromosikan dan kemudian menjual produk – produk yang telah disediakan oleh supplier melalui internet. Jika ada konsumen yang ingin membeli barang, maka konsumen akan mentransfer uang ke rekening pribadi kamu dan kemudian kamu menghubungi pihak supplier untuk mengirimkan barang yang dibeli.

– Memfokuskan Satu Produk
Dalam memulai usaha dropship, sebaiknya kamu memilih untuk fokus menjual satu barang saja terlebih dulu. Setelah Anda sukses menjual satu barang itu, maka kamu bisa meningkatkan jenis barang yang dijual. Tetapi, kamu juga harus bisa meningkatkan branding pada produk tersebut agar konsumen yakin terhadap kualitas dan kuantitas produk Anda.

– Meningkatkan Branding Produk
Agar bisa meyakinkan pilihan dan keinginan pembeli, sebaiknya kamu membuat toko online sendiri untuk menjual dagangan dropship kamu. Dengan adanya toko online, maka akan mengesankan bahwa barang – barang yang dijual di toko online sudah terpercaya dan memiliki kekuatan branding yang bagus.

– Memakai Strategi Penjualan Cross Selling
Apakah kamu pernah mendengar tentang strategi cross selling? Teknik penjualan ini adalah menjual dua barang sekaligus dalam satu waktu. Misalnya, saat Anda ingin menawarkan produk fashion, maka Anda bisa menawarkan jaket dan sweater sekaligus dengan harga terjangkau. Situs yang menawarkan dropship adalah Supplier.id. Ini penting dilakukan loh..

Kayanya cukup panjang juga ya untuk postingan pertama diawal tahun ini.Yaaah hanya sekedar berbagi jadi ini adalah beberapa hal yang saya lakukan untuk mendapatkan uang dari Internet sejak dulu kala tahun 2006,jadi teman2 juga pasti bisa dan malah mungkin lebih lagi dari saya, ya kan…?

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *