HomeArtikel

Inilah Tools SEO Yang Wajib Digunakan Untuk Optimasi SEO

Like Tweet Pin it Share Share Email

Tools SEO Yang Wajib Digunakan

Tools SEO Yang Wajib Digunakan

 

Buat Anda yang berkecimpung di dalam website, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya SEO atau search engine optimanizasi. SEO memiliki manfaat yang banyak untuk website. Seperti meningkatkan trafik pengunjung, membuat website bisa berada di halaman utama mesin pencarian dan masih banyak lainnya. Dalam melakukan optimasi SEO, Anda membutuhkan tools atau alat bantu untuk mempermudah proses optimasi SEO Anda. ada banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan. Tetapi saat ini kita akan menyebutkan 4 tools SEO yang paling banyak digunakan.

Google Analytics

Google analytics bisa Anda gunakan secara gratis. Tools ini berfungsi untuk melihat data pengunjung website Anda. Seperti jumlah new visitor, jumlah page views, jumlah returning visitor, browser yang digunakan pengunjung, halaman yang dikunjungi paling lama dan paling banyak, asal pengunjung website, keyword yang paling banyak mendatangkan visitor, persentasi bounce rate dan masih banyak lainnya. Untuk menggunakan tools ini, Anda harus memiliki akun google terlebih dahulu lalu login dan langsung validasi alamat website Anda. nanti akan langsung muncul keterangan visitor website Anda.

Google Search Concole (GSC)

Tools SEO google search concole (GCS) digunakan untuk memeriksa kesehatan website dan melihat fungsi SEO On Page pada website Anda. misalnya untuk mengecek kendala indek dan crawling website, cek malware, apakah Anda pelanggaran aturan google, sitemap rapi atau tidak, optimasi meta tag, melihat notifikasi dari tim google, lihat backlink website Anda, dan masih banyak lainnya. untuk menggunakan tools ini, Anda juga harus memiliki akun google terlebih dahulu. Nanti Anda tinggal login ke webmaster dan lakukan validasi akun. Masukan script yang sudah digenarate oleh GSC ke HTML dari website Anda.

Tools Untuk Cek Backlink

Backlink merupakan hal yang sangat penting di SEO. Jika Anda menggunakan backlink yang berkualitas, relevan dan banyak akan membuat pengunjung website Anda semakin tinggi dan bisa masuk ke halaman utama mesin pencarian. Untuk mengecek backlink competitor Anda bisa menggunakan beberapa tools berikut ini MOZ, ahrefs, majestic SEO, SEMrush, dan ranksignals.

Dengan menggunakan tools tersebut Anda bisa tahu jumlah backlink competitor dan dari mana sumbernya, tahu jumlah page rank dari backlinknya, melihat anchor text, termasuk backlink do follow atau no follow dan masih banyak lainnya.

CopyScape

Copyscape digunakan untuk mengecek konten yang diduplikasi atau dijiplak. Untuk bisa meningkatkan SEO, Anda harus menghindari konten yang dijiplak. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa menggunakan tools copyscape. Anda tinggal memasukan alamat website Anda. nanti copyscape akan langsung menscan halaman website yang duplikat. Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis. Itulah beberapa tools SEO yang wajib Anda gunakan untuk optimasi SEO website Anda.

Lalu Tools apa yang Anda pakai saat ini untuk Optimasi Website Anda?

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *