Deklarasi Internasional Aktivis Pengguna Napza

banirisset

Deklarasi Internasional Aktivis Pengguna Napza

Kami orang-orang yang menggunakan napza dari berbagai belahan dunia. Kami adalah orang-orang yang pernah tersingkirkan dari masyarakat dan didiskriminasi; kami pernah dibunuh, ditempatkan pada posisi yang berbahaya tanpa sebab, dimasukkan ke dalam penjara, digambarkan sebagai setan, dan dianggap membahayakan serta tidak berguna. Sekarang adalah saatnya untuk menyuarakan aspirasi kami sebagai warga negara, mendeklarasikan hak-hak kami,dan menagih apa yang menjadi hak kami sebagai orang yang berbicara atas nama diri sendiri dan sebagai pemberdayaan diri sendiri.

Memberdayakan dan memperkuat pengguna napza legal atau yang dianggap ilegal di seluruh dunia, meningkatkan dan menyuarakan diri kami sebagai umat manusia untuk memberikan masukan yang berarti kepada seluruh keputusan yang mempengaruhi kehidupan kami sendiri.

Mempromosikan pemahaman yang lebih baik dari pengalaman pengguna napza ilegal, dan dampak yang merusak dari kebijakan napza yang ada selama ini yang mempengaruhi para pengguna napza, sebagaimana dengan sesama warga negara yang tidak menggunakan.Ini menjadi bagian yang penting dalam pengembangan kebijakan- kebijakan sosial di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional.

Menggunakan keahlian dan pengetahuan kami sendiri dalam melatih dan mendidik orang lain, terutama teman-teman sebaya dan sesama warga negara lainnya yang peduli terhadap napza di masyarakat.

aktivis
Mengadvokasi akses bagi siapapun terhadap perlengkapan yang tersedia untuk mengurangi dampak buruk yang dihadapi pengguna napza sehari-hari, termasuk, i) perawatan napza, perlakuan medis yang layak untuk penggunaan zat, akses yang diatur khusus tehadap napza farmasi berkualitas yang kami butuhkan, ii) ketersediaan peralatan penggunaan napza yang lebih aman, termasuk suntikan dan pipa, iii) sebagaimana dengan fasilitas pemusnahannya, iv) penjangkau sebaya dan informasi terbaru dan jujur tentang napza dan segala macam penggunaannya, termasuk, v) fasilitas/tempat penggunaan napza yang aman yang dibutuhkan oleh banyak dari kami.

Mengungkapkan hak-hak kami berdasarkan informasi obyektif dan dapat dibuktikan tentang napza, dan bagaimana melindungi diri kami sendiri dari potensi dampak buruk penggunaan napza melalui akses bagi siapapun terhadap layanan kesehatan yang menyeluruh dan adil, tempat tinggal yang mendukung, aman, terjangkau serta kesempatan kerja.Menyediakan dukungan untuk membangun jaringan-jaringan orang yang hidup dengan HIV/AIDS, Hepatitis dan kelompok pengurangan dampak buruk lainnya di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional, memastikan pengguna napza aktif dilibatkan pada tiap tingkat pembuatan keputusan, dan secara spesifik bahwa kita mampu untuk duduk sebagai dewan pengurus (pimpinan) dari berbagai organisasi dan dihargai secara adil atas pengeluaran, waktu, dan keahlian kami.Menghadapi tantangan dewan legislatif nasional dan kesepakatan- kesepakatan Internasional yang selama ini membuat kami tidak dapat hidup dengan aman, nyaman, dan sehat.Menyadari dengan baik adanya tantangan potensial dalam membangun sebuah jaringan, kami bekerja keras untuk:

  • Menghormati dan menghargai perbedaan dan menyadari latar belakang, keahlian, dan kemampuan kami yang berbeda-beda, serta membangun sebuah lingkungan yang aman dan mendukung di dalam jaringan tersebut tanpa membedakan napza apa yang kami gunakan atau bagaimana cara kami menggunakannya.
  • Menyebarkan informasi tentang upaya kami untuk mendukung dan mendorong perkembangan organisasi pengguna napza di masyarakat/negara- negara dimana belum ada organisasi sejenis.
  • Mempromosikan toleransi, kerja sama dan kolaborasi, meningkatkan budaya partisipasi aktif dan keterlibatan.
  • Berpegang teguh pada prinsip-prinsip demokrasi dan menciptakan sebuah struktur yang mempromosikan partisipasi penuh dalam pengambilan keputusan.
  • Keterlibatan maksimum dengan fokus khusus pada mereka yang sangat rentan terhadap penindasan berdasarkan identitas jender, orientasi seksual, status sosial ekonomi, agama,dll
  • Memastikan bahwa pengguna napza tidak dipenjarakan dan bahwa mereka yang dipenjara memiliki hak yang setara terhadap kesehatan dan perawatan serta kondisinya dihargai, termasuk perawatan napza serta akses perlengkapan promosi kesehatan seperti suntikan dan kondom serta perawatan medis atau paling tidak setara dengan apa yang akan mereka dapatkan jika berada di luar.
  • Menghadapi tantangan eksekusi dan perlakuan lain yang tidak manusiawi terhadap pengguna napza di seluruh dunia.

Akhirnya, kebutuhan mendalam untuk membangun jaringan tersebut terlahir dari fakta bahwa tidak ada kelompok orang tertindas yang pernah menggapai kebebasan tanpa keterlibatan mereka yang secara langsung terimbas oleh penindasan tersebut.

Also Read

Bagikan:

Tags

39 thoughts on “Deklarasi Internasional Aktivis Pengguna Napza”

  1. “Menghadapi tantangan dewan legislatif nasional dan kesepakatan- kesepakatan internasional yang selama ini membuat kami tidak dapat hidup dengan aman, nyaman, dan sehat”

    Entah apa yang membuat mereka selalu tidak peduli dan menyalahkan para korban…, para korban bukanlah musuh penguasa, jangan sampai mereka merasa menjadi korban karena mencontreng partaimu …, sadarlah bahwa anda bukanlah apa-apa ketika nanti kami semua apathis kepadamu.

    Reply
  2. Urusan begini ini yang penting adalah komitmen semua pihak, didukung dengan itikad yang baik untuk memperbaiki generasi bangsa ini …

    Reply
  3. Saatnya Pengguna NAPZA bertindak tuk menyuarakan HAK – HAK Kita… Jangan Lagi mau di anggap sebagai Kriminal… Kita Punya Potensi yang tidak dimiliki Oleh Semua Orang…
    hehehe terlalu bersemangat

    Reply
  4. cukup tegas.moga ini bukan hanya sekedar aspirasi tanpa terealisasi dari berbagai fihak atas dukunganya. kapan aku bisa bertemu dengan rekan2mu ya ban?

    Reply
  5. demand reduction, harm reduction dan suplay reduction harus berjalan beriringan untuk mendapatkan hasil oftimal. Butuh komitmen semua pihak

    Reply
  6. Maju terus…
    pantang mundur dan berbelok.

    walaupun belum pernah mencicipi dunia internasional, semoga gerakan-gerakan aktivis korban napza di tataran lokal dapat berkonstribusi dalam arah perubahan kebijakan napza yang lebih baik.

    Reply
  7. dari banyak artikel yang aku baca artikel kamu paling mengena bossssssssss………

    sippppp banget…… artikel yang diangkat….

    keren bosssssssss

    Reply
  8. Kang Punya tips mendidik anak supaya terhindar dari bahaya napza, kebetulan baru punya baby. Jadi ngeri juga liat2 tulisannya Kang BAni..

    Reply
  9. @suryaden: saya sangat setuju dengan anda sobat.
    @else: duh kalo candu internet mah susah. Soalnya sy juga sama 🙂
    @abang: betul bang . “KOMITMEN”
    @sandi: SETUJUUUUUU!!!
    @kristina: kapan dong Dian mo undang aku kesana?
    @wirati: tul sekali.
    @sinyo: semoga ya nyo. kita tetap semangat aja terus.
    @manusiabiasa: makasi sobat “jadi malu mode on
    @fitriansyah: boleh. Tinggalin imel nya aja jeng. dengan senang hati.

    Reply
  10. bro sori baru bisa ngasih komen sekarang
    pokok nya kita tetep harus semangat dalam memperjuangkan apa yang sudah kita cita-citakan,ok bro

    Reply
  11. Selama yang kita perjuangkan adalah hal baik pasti akan memberi hasil yang baik,..asalkan tetep berjuang berjuang dan pantang menyerah….!!

    Reply
  12. mengomentari tulisan bani……*sambil benerin kacamata dulu*
    ex-pengguna NAPZA adalah orang biasa yang butuh situasi nyaman dan sudah seharusnya kita wajib merangkulnya sebagai keluarga.

    sini deh ban….dirangkul…..huehuehue…….GUBRAXZZZZZ@#$%%^&&*((

    Reply
  13. Saya salut sama keputusan kang bani untuk berhenti dari jeratan narkoba. Itu sungguh pilihan hidup yang luar biasa, Salam dan sukses selalu.

    Reply
  14. wah ada juga yang deklarasi masalah napza..
    boleh juga sie deklarasinya…
    kalo buat tujuan positif sie oke2 aja
    tapi kalo ada maksud lain dibelakangnya and malah mengarah ke hall negatif…. spechless de

    nice post…
    Glad to be here

    Reply
  15. demand reduction, harm reduction dan suplay reduction harus berjalan beriringan untuk mendapatkan hasil oftimal. Butuh komitmen semua pihak

    Reply

Leave a Comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.