Hasil Audensi Aksi Damai Hari HAM Sedunia di DPR RI

banirisset

Melanjutkan postingan Aksi Damai Pengguna NAPZA di DPR, yang pada akhirnya kami dapat diterima oleh Pimpinan Pansus RUU Narkotika. Berikut adalah hasil notulensinya.

KESIMPULAN RAPAT

1) Nurul Falah Eddy Pariang selaku Ketua Rapat membuka rapat dengar pendapat pada pukul kira2 14.00 WIB dan dinyatakan terbuka untuk umum.

2) Pokok-pokok pembicaraan
Pada masa persidangan kali ini, para pimpinan pansus RUU Narkotika akan mendengarkan masukan-masukan mengenai RUU Narkotika, sebelumnya memang sudah banyak dilakukan dengar pendapat dari masyarakat dan pakar-pakar, namun dari masyarakat (LSM) kami mengetahui bahwa yang dihadirkan lebih banyak yang pro pemerintah seperti Geram, Granat dan YCAB, dan kali ini kami ingin mendengar masukan dari pengalaman korban. RUU ini merupakan inisiatif Pemerintah, dan setelah itu dibentuklah Pansus RUU Narkotika, yang keanggotaan dari berbagai komisi di DPR, walau dominan lebih banyak dari komisi IX.

Sekarang RUU sudah di Panja (Panitia Kerja) dan pembahasan sudah pada pasal ketentuan pidana. Rencananya pada bulan Desember tahun ini akan segera disahkan, namun karena banyak perdebatan, sepertinya akan ditunda. Setelah di Panja selanjutnya akan dibahas oleh Timus dan Tim Sinkronisasi.


Mengenai masalah pelanggaran HAM selayaknya berbicara dengan Komisi III, karena yang berwenang, namun bisa juga dibicarakan dalam kesempatan ini, karena salah satu dari pimpinan pansus narkotika yang ada di sini juga duduk di Komisi III. Kami terbuka untuk masukan-masukannya, silahkan merapat dan kita kerja sama, karena ini adalah salah satu peran teman-teman sebagai anak bangsa.

3) Masukan Perwakilan

Asmin Fransisca:
RUU ini dibahas di komisi IX DPR yang membicarakan mengenai masalah kesehatan, namun subtansi RUU ini justru kental sekali dengan kriminalisasi, karena RUU ini lebih dominan berbicara mengenai pidananya. Mestinya RUU ini lebih bayak berbicara tentang kesehatannya, oleh karena itu perlu dikaji ulang kembali dan perubahan yang lebih mendasar.

Also Read

Bagikan:

Tags

20 thoughts on “Hasil Audensi Aksi Damai Hari HAM Sedunia di DPR RI”

  1. Mampir ke rumah anakku tayang sambil menyampaikan hal-hal berikut:

    1. Selamat tahun baru 2009 ya nak, semoga menjadi hari yg indah untuk kita semua, amien..

    2. Bani udah sembuh blom???

    Reply
  2. my bro Bani…hanya bertanya.

    sejauh ini pembahasan mengenai draft yang ada dr pemerintah, sdh di share oleh mereka lom…??

    truz, dr komunitas proses draft tandingan da sampai mana..??

    he..he..banyak ketinggalan berita ney g…maklum.

    THX B4.
    KEEP ON MOVING!!

    Reply
  3. Usually I do not learn article on blogs, but I wish to say that this write-up very forced me to check out and do
    so! Your writing style has been amazed me. Thanks,
    very nice post.

    Reply
  4. Terrific article! This is the type of information that should be shared around the
    internet. Disgrace on the search engines for no longer positioning this publish higher!

    Come on over and consult with my website . Thanks =)

    Reply

Leave a Comment