Please wait..

Kenapa Terjadi Kasus Kelamin Ganda?

banirisset

Advertisements
Advertisements

Jakarta, Kasus kelamin ganda (ambigous genitalia) terus bermunculan. Anak-anak yang terlahir dengan kelamin ganda memiliki bentuk kelamin tidak sempurna. Si anak disangka pria atau wanita namun seiring pertumbuhan usia, baru ketahuan jelas bentuk kelamin aslinya.

Misalnya yang terjadi pada Risman Saeful Hidayat, remaja 13 tahun asal Garut Jawa Barat yang terlahir dengan jenis kelamin perempuan, namun punya benjolan menyerupai penis yang tumbuh seiring bertambahnya usia.

Advertisements
Loading...

Soni Rama Fatahilah, bocah 3 tahun asal Probolinggo Jawa Timur juga punya kasus kelamin ganda. Sekilas, bocah ini terlihat sebagai laki-laki, namun kelaminnya justru berbentuk kelamin wanita. Bila dilihat dari dekat, dari dalam kelamin saat dibuka muncul daging kecil berbentuk batangan sebesar kedelai.

Begitu juga dengan Fatihayah bocah perempuan usia 4 tahun asal Tanjung Priok, Jakarta Utara yang di tengah kelaminnya, tumbuh daging kecil bulat seperti kelamin laki-laki.

Advertisements
Loading...

Dalam dunia medis, kelamin ganda dikenal dengan istilah ambigous genitalia (keraguan alat kelamin). Pengidap kelainan ini memiliki memiliki alat kelamin luar yang meragukan. Kadang-kadang, organ seksual yang tampak di luar tidak sesuai dengan organ seksual di dalamnya.

Ada beberapa karakteristik kelamin ganda yang ditentukan oleh kromosom penderita seperti dikutip dari Mayoclinic, Minggu (4/4/2010).

Advertisements
Loading...

Kasus pada wanita terjadi dengan 2 kromosom X adalah maskulinisasi yang ditandai oleh:

  • Klitoris membesar, menyerupai penis kecil
  • Saluran kencing tampak baik di atas maupun di bawah klitoris
  • Labia menutup, kadang-kadang membentuk lipatan menyerupai skrotum
  • Terbentuk benjolan mirip testis di labia yang menutup

Kasus pada pria dengan kromosom XY, yang terjadi ditandai:

Advertisements

Also Read

Bagikan:

Tags

2 thoughts on “Kenapa Terjadi Kasus Kelamin Ganda?”

  1. Banyak kejadian2 di muka bumi ini yg membuat kita sedih, tapi sepertinya manusia tidak sadar juga bahwa setiap kejadian ini harusnya jadi perenungan buat kita semua.

    Reply

Leave a Comment