Please wait..

Kesadaran Kritis

banirisset

Advertisements
Advertisements

gam 10Kesadaran kritis yang dimaksud adalah ketika seseorang sadar situasi sosial yang tidak adil, yang merupakan bentukan sistem dan struktur sosial yang dapat dan harus dirubah. Di tingkat ini berarti penumbuhan sikap kritis dan penolakan terhadap cara pandang (paradigma) dan struktur yang melanggengkan ketidak adilan, sehingga menimbulkan ketertindasan pada masyarakat.

Konsep kesadaran kritis, terutama digagas oleh Paulo Friere. Kemudian Sara Hlupekile Longwe. Sara adalah konsultan Gender di Lusaka-Zambia, ia memperkenalkan ‘Kerangka Pemberdayaan Perempuan’ sebagai dasar metodenya menganalisis gender dalam proyek pembangunan. Metode analisis ini berdasarkan pendekatan bahwa kesadaran gender berarti kemampuan untuk mengenali isu-isu perempuan pada setiap tingkat dalam isu pembangunan, metode ini menekankan bahwa pembangunan berarti menanggulangi ketidaksetarperempuan dan laki-laki dalam setiap hal.

Advertisements
Loading...


Mengapa kesadaran kritis?

Karena dengan seseorang memiliki kesadaran kritis orang bisa melihat situasi yang ada sekarang sebagai hasil sebuah struktur yang dibuat sehingga menindas dan harus di ubah .

Advertisements
Loading...

Untuk mencapai penyadaran kritis, tentunya ditimbulkan dengan seseorang yang sudah mempunyai kesadaran kritis terlebih dahulu, dilakukan lewat
pendidikan politik; yaitu pendidikan pembebasan/pemerdekaan, dimana tidak ada guru-tidak ada murid, orang dibangun kemampuannya untuk mengkritisi/mempertanyakan/menganalisa masalahnya dan mencari solusi atas permasalahannya tersebut.

3 Prinsip Kesadaran Rakyat:

Advertisements
Loading...
  • Kesadaran Magis: Rakyat menganggap penyebab kesengsaraan mereka adalah faktor diluar manusia (alam atau supranatural).
  • Kesadaran Naif: Identifikasi penyebab kesengsaraan mereka adalah kelemahan manusia (malas, kurang pengetahuan, dll.
  • Kesadaran Kritis: Melihat bahwa persoalan kesengsaraan adalah sistem dan struktur yang ada telah menindas.

Dengan masyarakat memiliki kesadaran kritis, maka masyarakat sendiri dapat mengenali bahwa sub-ordinasi diri, kesenjangan kelas dan struktur
masyarakat yang tidak adil yang mereka alami bukanlah “alamiah”/ kodrat atau nasib dari Tuhan, tapi ditunjang oleh sistem diskriminasi yang dikonstruksikan (dibentuk) secara sosial, maka bisa dan harus diubah.

Advertisements
Loading...

Also Read

Bagikan:

Tags

13 thoughts on “Kesadaran Kritis”

  1. Thx bro Bani buat pencerahannya. Kalo kita semua menyadari ini dengan benar, pasti sedikit banyak bangsa ini lebih baik dari sisi kehidupan sosial bermasyarakat.
    Nice info,bro

    Reply
  2. ini infonya keren banget booooosssss. andai saja semua orang dapat menyadari hal ini pasti tak pernah ada kesenjangan sosial.

    Reply
  3. ketidaksetarperempuan harap dibenahi kalimatnya. ada yang kurang tuh.mungkin maksudnya:ketidaksetaraanperempuan.*he..he..kena lu,ban*

    Reply
  4. Posting yang bagus Ban …

    Perlu perubahan paradigma atau harus ada cara pandang baru thd masalah ini. selama ini sebagian orang melihat hanya pada tataran gejala-gejala yang tampak terlihat dari luar atau di tataran permukaan saja, yang mencakup multidimensi, baik dimensi politik, sosial, ekonomi, aset dan lain-lain.

    good posting …

    Reply
  5. Kelemahan itu yang membuat manusia juga susah buat merubah sistem diskrimasi yang menjalar ya om? he..he.. jdi sok teu gw…wekekekke

    Reply
  6. disini bani nyoba nyadarin kita semua tentang kesadaran….apakah kita semua telah menyadari??…kita harus melihat lingkungan sosial kita apakah telah adil memperlakukan kita atau juga telah adilkah kita memperlakukan lingkungan sosial kita (koq kayak kampanye lingkungan)…..yang pasti 3prinsip diatas anna baru tahu dari blog ini…thx yah bro!

    Reply
  7. Nachhh..ini baru tempatku tuk komentar..

    jreng jreng…mulai…

    zaman sekarang jarang org yg hidup dgn kesadaran rata2 mereka sedang bermimpi…
    tak sadar dgn yg dipikirkan ,dilakukan ato diperbuatnya..

    Reply

Leave a Comment