Kupersembahakan Untukmu Para Korban!

banirisset

Sajak Suara

sesungguhnya suara itu tak bisa diredam
mulut bisa dibungkam
namun siapa mampu menghentikan nyanyian bimbang
dan pertanyaan-pertanyaan dari lidah jiwaku

suara-suara itu tak bisa dipenjarakan
di sana bersemayam kemerdekaan
apabila engkau memaksa diam
aku siapkan untukmu: pemberontakan!

sesungguhnya suara itu bukan perampok
yang ingin merayah hartamu
ia ingin bicara
mengapa kau kokang senjata
dan gemetar ketika suara-suara itu
menuntut keadilan?


sesungguhnya suara itu akan menjadi kata
ialah yang mengajari aku bertanya
dan pada akhirnya tidak bisa tidak
engkau harus menjawabnya
apabila engkau tetap bertahan
aku akan memburumu seperti kutukan

Wiji Thukul

“Kupersembahkan Ini Semua Untukmu Para Korban!”

Also Read

Bagikan:

Tags

17 thoughts on “Kupersembahakan Untukmu Para Korban!”

  1. korban apa nih ban … hue he he

    abang gak takut sama suara ban, justru abang merindukannya … abang sangat mempercayainya ..terutama suara hati …hue he

    Reply
  2. Ini sajak kepada penguasa ya? heheeee….

    Semoga hati ini tidak terlalu beku untuk di sentuh. Semoga telinga ini tak menjadi tuli untuk mendengar..

    Reply
  3. @kristina: kira-kira kenapa takut suara ya?
    @abang: duh kalo suara hati? sama nih bang rindunya.
    @wendra wijaya: bener banget sob, “semoga telinga ini tak menjadi tuli untuk mendengar.”
    @bang ir: salam juga bang ir
    @indungg: bedilnya tentara? hemmhh..
    @jaloe: duh urang can pernah ngadangu lagu na lur. Cing atuh donlot.
    @panda: udah lama neh ga mampir 🙂 selamat datang di rumah baru (baru renovasi)

    Reply
  4. ada apa dgn nyanyian bimbang??? tak usah kau redam suaramu…berteriaklah sepuasmu agar semua makhluk mendengar jeritan hatimu….hheeee(aku kok sok puitis ya..xiixii..) kabuuuuurrr

    Reply
  5. Gw setuju tentang kesadaran kritis.Tapi kira-kira punya ga trik atau metode membangkitkan kesadaran kritis masayarakat terutama kaum tertindas sprt gw.

    Reply
  6. Gw setuju tentang kesadaran kritis.Tapi kira-kira punya ga trik atau metode membangkitkan kesadaran kritis masayarakat terutama kaum tertindas sprt gw.

    Reply

Leave a Comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.