Sebenarnya Bipolar Penyakit Apa sih?

banirisset

Bipolar penyakit apa sih itu?
Bipolar penyakit apa sih itu?

Beberapa bulan ke belakang ini tetiba saja banyak teman-teman yang mengontak saya dan memberitahu bahwa dirinya terkena penyakit Bipolar. Dari beberapa forum/group kesehatan yang kebetulan saya menjadi salah satu adminnya, banyak juga member-member yang mendiagnosa dirinya terkena Bipolar. Sebegitu populernya kah Bipolar itu sampai saya melihat nya ini menjadi sebuah tren ”untuk menjadi pasien Bipolar’‘.

Apakah begitu mudah seseorang untuk mendiagnosa penyakit ini? Atau kurang referensi dan literasi yang baik akan Mental Health? Atau kebanyakan googling lalu membaca sebuah tulisan dan langsung mendiagnosa diri bahwa dirinya sama seperti yang ditulisan itu “Saya Bipolar“.

Jadi Sebenarnya Bipolar itu Penyakit Apa sih sebenarnya?

Kebetulan tepat di hari ini tanggal 30 Maret diperingati sebagai Hari Bipolar Sedunia. Jadi saya mau membahas Bipolar itu penyakit apa sih?

Bipolar merupakan gangguan jiwa yang ditandai dengan perubahan mood yang ekstrem. Indikasi kelainan jiwa ini terbagi  menjadi beberapa episode;

  1. Episode Mania( perasaan bahagia yang berlebihan )
  2. Episode Depresi ( Sedih yang mendalam).

 

Perubahan mood ekstrem yang dialami oleh pasien bipolar dapat mengganggu pola tidur, rutinitas, serta kehidupan sosialnya sehari-hari. Secara universal, bipolar adalah kendala mental yang tidak dapat disembuhkan. Tetapi gejalanya bisa dikendalikan dengan obat- obatan serta psikoterapi, sehingga mutu hidup dan kualitas pasien dapat lebih baik.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.